Skip to main content

Negeri Ramah Lansia

 


Oleh : dr achmad budi k


Hari ini, 29 Mei 2024 diperingati Hari Lanjut Usia Nasional, yang pada tahun ini memilih tema ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’.


Lansia merupakan warga lanjut usia khususnya di Indonesia, yang usianya diatas 60 tahun. Namun tidak sedikit usia lansia saat ini, berbeda dengan gambaran lansia 2 atau 3 dekade yang lalu.


Kehidupan lansia memang unik terkait dengan bagaimana ragam karakteristiknya sebagai insan yang sebelumnya berkarya di bidang masing masing. Banyak macam komunitas yang terbentuk sesuai dengan prestasi ketika beliau beliau ini produktivitasnya masih tinggi.


Banyak mereka yang masih sehat dan produktif, namun tidak sedikit pula yang terbelenggu karena kesehatannya menurun atau terganggu, bahkan cenderung menjadi ‘beban’ yang lain, na’udzu billahi min dzalik.


Hari peringatan ini mengajak kita semua untuk ‘mempersiapkan’ diri kelak menjadi lansia. Selain itu setiap warga juga ‘berkewajiban’ peduli terhadap lansia. Oleh karena itu, pemilihan tema hari lansia tahun ini sangat beralasan. 


Sebaiknya setiap lansia mempunyai komunitas yang konstruktif, apapun bentuk dan kegiatannya, agar setiap anggota merasa terhibur dan merasa selalu bermanfaat bagi yang lain. Karena sebagai makhluk sosial, apalagi di usia lanjut, akan merasa tersingkir ketika kurang atau tidak ada yang memperhatikan atau tidak bermanfaat bagi orang lain.


Lebih lagi kalau sebelumnya sebagai seorang pimpinan atau tokoh penting yang tiba tiba lepas dan kurang mempersiapkan diri menjadi anggota masyarakat biasa. Secara psikologi kita kenal sebagai post power syndrome, yang berdampak dalam kehidupan sehari-hari. Dan tidak sedikit yang mengalami hal demikian.


Komunitas yang diikuti cukup dengan olahraga ringan atau senam, bahkan sudah diciptakan senam lansia. Atau bagi yang kesehatannya terganggu, misal diabet, bisa bergabung dengan sesama diabetisi atau masih banyak lagi melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Kuncinya, harus bersosialita saling berkomunikasi, berinteraksi, apalagi kalau tetap bisa berkarya.


Sesuai dengan peringatan tahun ini, ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’, semua insan masih harus selalu belajar, berjuang dan berkarya sampai akhir hayat. Menjaga pola hidup sehat sejak belia dengan menjaga makanan dan berolahraga, insyaAllah akan terjaga di masa lansia nanti.


Masyarakat muda sudah seharusnya meningkatkan kepedulian terhadap para lansia serta merawat dengan baik. Perlakuan yang demikian itu, akan menjunjung martabat suatu bangsa. 


Haji tahun 2024 ini, juga mengambil tema Haji Ramah Lansia. Dan porsi haji usia lansia tahun ini lebih banyak dari porsi biasa, namun tetap harus lulus istithoah kesehatan.


Semoga kita selalu sehat. (Abk)

Info wisata dan cafe bergizi serta berbagi pengalaman teknomu agar bisa sehat dan bahagia

Comments

© 2020 Suara Medika