Skip to main content

Manfaat Food Prep yang Higienis


Food prep


Oleh : Dyah Estu K

 

Food preparation atau meal preparation adalah proses menyiapkan bahan makanan jauh hari sebelum hendak dimasak. Tren ini pada awalnya sangat populer di kalangan para ibu bekerja yang sibuk dan tak sempat menyiapkan makanan untuk keluarga.


Menyiapkan makanan atau yang lebih sering disebut food prep atau meal prep adalah metode mengubah bahan mentah menjadi makanan siap olah. Bahan mentah di sini adalah daging, buah, sayur, bumbu dapur, dan bahan makanan lainnya. Proses menyiapkan makanan termasuk membersihkan, mencuci, mengupas, memotong, dan mencampur dengan bahan lain.


Kegiatan ini juga digadang-gadang membuat ​budget belanja lebih hemat, dapur dan tempat penyimpanan lebih rapi, dan cukup menghemat waktu.

Menyiapkan makanan untuk seminggu kedepan memiliki beberapa manfaat, antara lain menghemat waktu memasak karena bahan telah disiapkan sebelumnya, mengurangi limbah rumah tangga, dan jika cara menyimpannya benar, bahan tidak akan cepat busuk dan lebih awet.


Berikut ini tips menyiapkan makanan untuk seminggu kedepan yang bisa diikuti setiap hari. 

 

1. Sayuran

Rendam sayur dalam larutan garam selama 10 menit, jika sudah tiriskan, potong-potong, taruh ke dalam wadah tertutup, lalu masukkan kulkas. Disarankan untuk memakai wadah yang memiliki saringan tapi jika tidak ada, alasi dengan tissu agar tidak lembab. Untuk sayur yang cepat layu, seperti bayam dan kangkung, langsung masukkan kulkas dan cuci saat akan mengolahnya. Untuk menyimpan buah, cukup dicuci, ditiriskan, dan ditaruh dalam wadah tertutup, kemudian dimasukkan kulkas.

 

2. Daging

Potong daging ayam menjadi beberapa bagian, pisahkan dari jeroan, cuci bersih, taruh dalam wadah tertutup, lalu masukkan freezer. Untuk lebih menghemat waktu, ungkep ayam terlebih dahulu agar bisa langsung digoreng saat mengeluarkannya dari freezer. Tetapi untuk daging sapi, jangan langsung mencucinya, cukup simpan dalam wadah tertutup dan masukkan freezer.

 

3. Ikan Laut

Cara mengolahnya sama seperti daging, yaitu bersihkan udang dan cumi-cumi, potong ikan dan pisahkan dari sisik, cuci hingga bersih, taruh dalam wadah tertutup, lalu masukkan freezer. Untuk lebih menghemat waktu, ikan bisa dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu. Pastikan wadah tertutup rapat agar tidak mengubah rasa dan tekstur makanan laut.

 

4. Makanan Siap Olah

Cara menyimpan makanan beku siap olah, seperti ketang goreng, olahan seafood, nugget, dan sosis adalah dengan langsung menaruhnya dalam wadah tertutup dan memasukkan kulkas. Cara ini bisa membuat isi kulkas tetap rapi sekaligus tidak memakan banyak tempat karena kemasan makanan beku digantikan dengan wadah.

 

5. Bumbu Dapur

Kupas bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, dan kencur, petik cabe dan daun jeruk, bersihkan, cuci bersih, tiriskan, taruh dalam wadah tertutup, kemudian masukkan kulkas. Disarankan untuk memakai wadah yang ada penyaringnya tapi jika tidak ada, alasi dengan tisu agar tidak lembab. Pastikan satu wadah untuk satu jenis bumbu.

 


Sejumlah manfaat dari food preparation di antaranya :


1. Menghemat Pengeluaran

Dengan menerapkan food preparation dapat menghemat pengeluaran karena kita sudah merencanakan sebelumnya bahan makanan apa saja yang akan dibeli. Kita bisa membuat daftar yang akan dibeli untuk satu minggu ke depan. Dengan demikian, kita akan fokus membeli bahan sesuai daftar saja.


2. Menghemat Waktu

Memasak menjadi lebih cepat dan efisien dengan food prep karena kita sudah tahu makanan apa yang akan dibuat selama satu minggu ke depan.


3. Mengurangi Sampah Makanan

Food preparation membuat kita lebih bisa mengatur dan mempersiapkan bahan makanan dan menghindari adanya makanan yang terbuang.


4. Meningkatkan kemampuan memasak

Mempersiapkan bahan makanan dapat membantu seorang ibu lebih mudah menemukan resep baru. Kemampuan memasak pun jadi bertambah, karena menganggap proses masak lebih praktis dan mudah.


5. Mengurangi stress

Menyiapkan dan memikirkan menu apa yang akan dimasak setiap harinya terkadang bisa membuat kita stres. Dengan food prep hal tersebut bisa dikurangi.

 

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat akan melakukan food preparing, di antaranya yaitu :


1. Susun Menu Makan Seminggu ke depan

Langkah pertama susun menu makanan selama satu pekan ke depan. Pilihan menu akan menentukan bahan-bahan makanan yang perlu dibeli. Food preparation akan mencegah Kita kebingungan menentukan menu makanan setiap hari.


2. Simpan Bahan Makanan Secara Terpisah

Simpan setiap bahan makanan dalam wadah yang terpisah sesuai jenisnya. Contohnya macam-macam, sayur-sayuran, daging, dan ikan. Tidak boleh disatukan dalam wadah yang sama. Kecuali untuk bahan makanan yang akan langsung kita masak, misalnya bahan sayur asam dan sayur lodeh.


3. Pilih wadah yang bisa kita pakai berulang kali untuk menyimpan bahan makanan. Misalnya wadah berbahan plastic atau kaca. Bisa juga menggunakan kantong plastik yang memiliki zip lock. 

 

Semoga di bulan puasa dengan menerapkan food prep ibu2 dapat terbantu dalam menyiapkan makanan sehat untuk keluarga, tanpa kebingungan menyusun menu dan bahannya.


Semoga kita selalu sehat.

Info wisata dan cafe bergizi serta berbagi pengalaman teknomu agar bisa sehat dan bahagia

Comments

© 2020 Suara Medika